Kesehatan

7 Warna Ingus dan Kaitannya dengan Kesehatan Kamu

Jakarta – Setiap harinya tubuh kita bisa memproduksi lebih dari satu liter lendir hidung atau biasa disebut ingus. Fungsinya adalah untuk melapisi saluran pernapasan dan melindungi kita dari berbagai ancaman mulai dari iritasi, infeksi, hingga udara yang kotor.

Karena sifat ingus tersebut, kadang kita bisa memerhatikan ingus memiliki warna yang berbeda-berbeda tergantung dari kondisi saat itu. Ingus dengan warna tertentu bisa jadi petunjuk apa yang terjadi di saluran napas.

Dikutip dari berbagai sumber berikut arti dari warna-warna ingus bagi kesehatan:

Ingus yang berwarna bening dan tidak terlalu kental adalah ciri dari ingus sehat. Sebagian besar orang akan menelan ingus yang terdiri atas air, protein, antibodi, dan garam ini. Begitu sampai di perut ingus akan lumer.

Dalam beberapa kasus kadang ingus bening yang berlebihan diproduksi saat seseorang mengalami alergi.

Kalau kamu merasa hidung mampet dan ingus yang keluar berwarna putih seringnya itu tanda umum dari pilek atau infeksi lainnya. Ketika sedang pilek atau ada infeksi saluran napas akan meradang dan membuat ingus kehilangan lebih banyak kandungan airnya.

Ingus yang mengandung sedikit air akan jadi lebih kental dan berwarna keputihan.

Ingus yang berwarna kuning juga bisa jadi tanda dari kasus infeksi. Berita baiknya sistem pertahanan tubuh kamu sedang melawan balik itulah kenapa ingus jadi berwarna kuning.

Ingus yang berwarna kuning biasanya berisi sel darah putih. Ketika melawan bakteri atau virus sel darah putih akan memakannya lalu dibuang oleh tubuh lewat ingus dengan warna kekuningan.

Comments (1)

  1. Harus hati-hati…. Apalagi sekarang lagi musim hujan…

Comment here

+ dua puluh tiga = dua puluh delapan