DaerahHukum

Tim Cobra Patroli Ke Kampung-Kampung Antisipasi Kriminalitas

Lumajang, BNNews – Selain melakukan operasi motor bodong door to door, Tim Cobra Polres Lumajang juga sekaligus melaksanakan patroli ke kampung-kampung untuk memberi rasa aman kepada masyarakat, Senin (29/07/2019).

Jalan kampung yang dilalui sangat berdebu, karena masih banyak jalan yang beralaskan tanah. Hal seperti ini tidak menyurutkan niat Tim cobra yang dipimpin langsung oleh Kapolres untuk melakukan patroli.

Sepanjang perjalanan, rute yang dilalui termasuk berat karena akses desa benar-benar didominasi oleh jalanan tanah yang menyulitkan jarak pandang saat berkendara karena debu yang beterbangan saat dilalui kendaraan, serta jalan yang berbatu yang menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan stabil. Terlihat jarak antar rumah yang cukup berjauhan dan dikelilingi oleh kebun-kebun tebu dan kebun sengon. Situasi ini menyebabkan potensi terjadinya perampokan karena bila terjadi perampokan di sebuah rumah, tetangganya sulit untuk mengetahui karena jarak yang berjauhan dan kondisi sepi.

Akses masuk ke masing-masing Dusun hanya selebar 4 meter sehingga tidak memungkinkan untuk kendaraan roda 4 bersinggungan, bahkan ada jalanan dusun yang hanya bisa dilalui kendaraan bermotor itupun jalur yang bisa dilalui hanya untuk satu sepeda motor juga.

Setelah berputar putar di Desa Wonoayu, rombongan besar Tim Cobra meneruskan perjalanan menuju Desa Tegal Bangsri. Untuk menuju Kecamatan Klakah, Patroli Tim Cobra memasuki Dusun Lor Gunung Desa Mlawang dan dilanjutkan menuju Kecamatan Kedungjajang, Sukodono dan Kecamatan kota Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Dr Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menjelaskan, “Terkait kejadian perampokan beberapa hari yang lalu, saya membawa pasukan dalam jumlah besar untuk melakukan operasi motor bodong door to door di seputaran Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso. Setelah itu kami sekaligus melakukan patroli ke kampung-kampung untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Patroli ini sekaligus menyisir untuk mencari barang bukti hasil curanmor yang terjadi beberapa hari yang lalu di desa ini.”

“Kekuatan sebesar 104 personil Tim Cobra siap menghadapi kemungkinan apapun yang dapat terjadi saat Patroli penyisiran dari wilayah perbatasan Utara Kabupaten Lumajang hingga wilayah kota. Diharapkan masyarakat dapat merasa kehadiran Polri ada di dekat mereka sehingga perasaan takut akan ancaman kriminalitas dapat hilang. Kami tidak akan tinggal diam jika ada yang mengusik kenyamanan masyarakat, kalau perlu saya dapat membawa kekuatan yang lebih besar lagi dari ini untuk mengamankan Lumajang yang kita cintai ini,” pungkas Arsal.

Hasran Cobra yang juga selaku Katim Cobra terus mendampingi Kapolres dalam patroli tersebut menyatakan, “Saya akan ikut terus mendampingi Kapolres patroli ke kampung-kampung. Setelah selesai di Desa Wonoayu tadi, kami lanjut patroli lewat jalur dalam Kecamatan Ranuyoso hingga masuk Kecamatan Klakah. Patroli juga diarahkan menuju Kecamatan Kedungjajang, Kecamatan Sukodono hingga memasuki ke Kecamatan Kota Lumajang,” ucap Hasran.

Reporter: Suatman
Editoe: HWP

Comment here

sembilan + 1 =