DaerahEkonomi

LDII DPD Kutai Timur Sembelih 192 Hewan Qurban

Kutai Timur, BNNews – Keinginan warga muslim yang bernaung dibawah binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Provinsi Kalimantan Timur, untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui kurban terus bertambah. Tradisi menyiapkan sapi atau kambing kurban di Hari Raya Idul Adha bagi warga yang mampu kian meningkat sejak dulu hingga sekarang.

Khusus Idul Adha 1440 hijriah, Minggu (11/8/2019) ini, organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam ini berbagi daging hewan kurban sangatlah banyak.

“Jumlah kurban tahun ini meningkat, kita bisa mencapai 128 ekor sapi, 64 kambing, total 192 hewan kurban. Alhamdulillah karena semakin meningkatnya jumlah kurban, maka semakin meningkat pula jumlah (daging) yang dibagikan,” kata Ketua panitia kurban LDII Kutim Siswahyudi saat diwawancara awak media di halaman Masjid Ulul Albab, Gang Permai, Sangatta Utara.

Sapi dan kambing kurban disebar diseluruh Kutim. Khusus yang disembelih di Masjid Ulul Albab sebanyak 57 sapi dan beberapa kambing. Siswahyudi merinci, ada 3.600 kantong plastik kisaran berat sekitar 2 kg digunakan untuk membungkus daging kurban tersebut. Kemudian distribusikan ke masjid dan masyarakat sekitar.

Ia mengatakan dibeberapa tempat lainnya juga diberikan hewan kurban dalam keadaan hidup untuk disembelih diantaranya Baznas, MUI, Kampus STAIS dan sejumlah masjid di Sangatta. Sebagiannya lagi dibagi ke wilayah kecamatan Sangatta Selatan, Rantau Pulung, Muara Wahau, Kaubun, sampai dengan Batu Ampar. Karena dibeberapa wilayah tersebut memang ada yang mengelola.

“Kalau masalah harga (hewan kurban) bervariasi. Ada yang Rp 40 juta paling mahal dan beratnya kurang lebih 1 ton. Kalau harga rata-rata ada Rp 16 juta sampai Rp 17 juta” ungkapnya.

Siswahyudi menjelaskan, jumlah hewan kurban LDII selalu meningkat tiap tahunnya. Disebabkan tingkat pemahaman tentang pahala berkurban warga LDII lebih baik. Juga diiringi ekonomi yang semakin membaik. Sehingga semakin mampu menyisihkan rezeki untuk berkurban.

LDII termasuk ormas Islam yang dikenal banyak dalam menyediakan dan menyembelih hewan kurban.

Sebelumnya, Ketua DPD LDII Kutim H Muflihun Assidiqy didampingi Sekretaris DPD LDII Kutim H Imam Sujono Lutfi menambahkan, momentum kali ini dijadikan oleh umat muslim dibawah binaan LDII guna terus menumbuhkan rasa saling berbagi, saling mengisi, dan saling meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam. Agar di Hari Raya Idul Adha kali ini umat muslim semakin kompak dengan meneladani nilai-nilai positif yang diwariskan Nabi dan perantara agama.

“Penyembelihan hewan kurban ini juga merupakan salah satu ibadah sesuai yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihissalaam. Sehingga umat Islam diharapkan mengikuti jejak Nabi yang menjadi tauladan umat muslim sejagad. Serta menciptakan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama umat,” tutur dia.(humas)

(Khoerudin Abdul Azis)

Comment here

+ delapanbelas = dua puluh tujuh