Daerah

TNI-Polri dan Warga Turun ke Kali Bahagia Bekasi Bersih-bersih Sampah

Bekasi, BNNews – Sejumlah warga turun ke Kali Bahagia pagi ini untuk membersihkan sampah. Warga dibantu sejumlah anggota TNI-Polri, bergotong royong membersihkan kali.

Pantauan di Kali Bahagia, Jembatan Jalan Akses, Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (30/7/2019) pukul 10.45 WIB, tampak warga berjibaku mengambil sampah di kali. Sejumlah anggota TNI-Polri berpakaian bebas juga tampak sibuk mengangkat sampah yang menyumbat kali tersebut.

Warga menggunakan jaring dan bambu untuk mengangkat sampah. Sesekali petugas menyelam ke kali untuk mengangkat sampah di dasar kali.

Sementara 1 unit truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi disiagakan di lokasi. Truk tersebut memiliki kapasitas 4 ton siap mengangkut sampah dari kali.

“Pertama masyarakat Bahagia, unsur dari Koramil, dari Polsek yang mereka pakai baju biasa, kalau pakai baju dinas ya agak kotor. Terus kita dari kelurahan ngerahin, terus dari unsur-unsur RW juga ngerahin, (Dinas) lingkungan hidup dengan armada dan tenaga,” ujar Sekretaris Lurah Bahagia, Mawardi, kepada wartawan, Selasa (30/7/2019).

Mawardi menyebut ada sekitar 40 petugas gabungan yang terlibat dalam aksi bersih-bersih kali. Mawardi memperkirakan pengangkatan sampah di kali ini sekitar seminggu.

“Alat-alat yang pertama bambu dan karung, ini kan tanggap darurat, yang bisa kita tangani aja, artinya tidak sampai ke lumpurnya, tapi sampah yang di atasnya,” ujar Mawardi.

Kapolsek Babelan, Kompol Tata Irawan, mengatakan pihak kepolisian dan TNI turut dilibatkan.

“Kita ada 10-10 (polisi-TNI),” ujar Kompol Tata di lokasi.

Kompol Tata menyebut pembersihan menggunakan alat berat terkendala karena adanya sejumlah bangunan liar. Kompol Tata menyebut pihaknya menunggu perintah dari Pemkab Bekasi terkait penggusuran.

“Sudah saya sampaikan, mulai dari RW sudah sampaikan suratnya. Untuk dilakukan penggusuran, dan sudah dicek langsung. (Kita) menunggu perintah (penggusuran) dari bupati,” ujar Kompol Tata.

(khoer/poldametrojayadotinfo)

Comment here

tujuh + tiga =