Daerah

Semarak Kontes Ratu Kebaya Khas Sunda di Kabupaten Cianjur

Cianjur, BNNews – Dalam helaran memperingati hari jadi Cianjur ke 342 tahun, Ketua TP PKK Kabupaten Cianjur Anita Sincayani Herman menggagas pertama kali kontes ratu kebaya khas sunda di lingkungan pemerintah Kabupaten Cianjur di taman alun-alun kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kamis, (25/07/2019).

Kegiatan ini salah satu dari rangkaian Festival Cianjur dan Jumlah peserta yang ikut serta sebanyak 66 orang terdiri dari 34 orang dari darma wanita badan dinas kementerian dan 32 orang tim penggerak PKK dari kecamatan.

Seiring dengan perkembangan jaman saat ini bahwa kain kebaya sunda sangat beranega ragam atau dimodifikasi sehingga sulit untuk membedakan mana kain kebaya tradisional yang sesuai pengelompokan pakaian adat sunda pada strakta sosial masyarakat berdasarkan sejarah, untuk mengetahui dan sebagai pembelajaran bagi generasi muda tentang identitas pakaian adat sunda tradisional.

Ketua TP PKK Kabupaten Cianjur menyampaikan dalam sambutannya kebaya ini merupakan ciri khas wanita Indonesia yang khususnya terkenal di Jawa Barat, karena dilihat dari kabupaten/kota lain jarang menggunakannya, dalam kegiatan ini ingin membedakan mana kebaya sunda dan kebaya sunda modern dan selama ini kebanyakan masyarakat tidak mengetahuinya.

“Mungkin dalam acara ini diharapkan mampu mengembangkan bakat dan kepribadian serta melestarikan busana budaya khas sunda tradisional, selain itu pula dengan acara ini dapat memperkenalkan kepada generasi muda sebagai penerus” tegasnya.

(Khoer/hms)

Comment here

empat + tiga =