Daerah

Satpol PP Kabupaten Purwakarta Gelar Sosialisasi Fungsi Binwasluh

Purwakarta, BNNews – Polisi Pamong Praja (Satpol PP) punya peran penting sebagai alat pemerintah untuk penegakan peraturan di tingkat daerah dalam menjaga ketertiban di semua aspek yang ada di masyarakat, terkait fungsinya Satpol PP tidak hanya sebagai penindak pelanggaran tentang ketertiban, akan tetapi berperan sebagai penyuluh semua lapisan masyarakat dalam menyampaikan yang berhubungan dengan peraturan daerah.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Kabid Gakda) Iman Sukmana, ada beberapa tahap tindakan Satpol PP yaitu Preventif, Pre-emtif, Tindakan Administrartif dan Non Yustisial/Yustisial.

Terkait pelaksanaan penegakan Perda Satpol PP tidak hanya berperan sebagai penindak, akan tetapi berperan untuk mensosialisasikan langsung terhadap masyarakat dan apartur pemerintah terutama di tingkat kecamatan, seperti yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta pada Rabu (31/07/2019).

Sosialisasi di kantor Kecamatan Pasawahan dihadiri Camat Pasawahan, Kabid Mitigasi Bencana (DPKPB) dan Kasi  Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan (Binwasluh), hal tersebut sebagai pelaksanaan fungsi Binwasluh sabagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya pelaggaran Perda dan Perkada.

“Pelaksanaan penegakan Perda atau Perkada dilaksanakan, baik melalui upaya Preventif, Pre-emtif, Tindakan Administrartif dan Non Yustisial/Yustisial,” ujar Iman kepada BNNews, Rabu (31/07/2019).

Lebih lanjut Iman mengatakan, “Satpol PP secara umum berdasarkan PP No 16 Tahun 2018 tentang Satpol PP mempunyai fungsi menegakan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat, begitu pula Satpol PP Kabupaten Purwakarta dalam upaya melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, salah satu kegiatan Binwasluh,” paparnya. (*)

Kontributor: Cbr
Editor: HWP

Comment here

9 + satu =