DaerahKeamanan

Polres Demak Laksanakan Giat Pengamanan Mentri kelautan RI Hadiri sedekah laut di laut betahwalang Bonang

Demak, BNNews – Polres Kediri melaksankan kegiatan pengamanan Mentri kelautan RI yang hadiri sedekah laut di laut Betahwalang Bonang Bersama unsur Forkopincam Bonang dan forkompinda Demak hadir dalam acara tradisi sedekah laut di pantai Betahwalang, Bonang, Demak, Jawa Tengah, Senin ( 29/07/2019 ).

Tampak hadir dalam kegiatan sedekah laut tersebut yaitu Mentri kelautan dan perikanan RI. Susi Pujiastuti beserta rombongan.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar, Sik, MM melalui Kapolsek Bonang, AKP I Nyoman Yasa mengatakan, bahwa kehadiran kami dalam acara tradisi syawalan atau sedekah laut ini dalam rangka menjalin tali silaturahmi dengan warga masyarakat nelayan pantai Desa Betahwalang, Bonang, Demak dan juga ikut serta dalam melestarikan tradisi atau budaya.

” Antusiasme masyarakat setempat menyambut susi.terlihat sejak memasuki gerbang desa.susi sudah dieku-elukan oleh warga.mulai anak sekolah sampai lansia.dan bu susi sempat berbincang dengan salah satu warga.Mbah suminah yg tadi sempat mencium pipi ibu mentri mempersilahkan untuk mampir digubuk mbah suminah namun ibu mentri berucap trima kasih karena masih ada pekerjaan yg lain,” tutur AKP I Nyoman Yasa.

AKP I Nyoman Yasa juga mengatakan, Tradisi sedekah laut merupakan tradisi peninggalan nenek moyang yang harus di lestarikan dan tradisi sedekah laut di laksanakan setiap wulan apit dalam kalender jawa yang di laksanakan oleh warga nelayan ds. Betahwalang, Bonang, Demak.

” Kegiatan tradisi sedekah laut merupakan wujud syukur warga masyarakat nelayan atas rejeki yang berlimpah dari laut yang di berikan oleh Alloh, Swt,” tambah AKP I Nyoman Yasa.

” Sedekah laut ini di laksanakan di tengah laut dengan menggunakan kapal nelayan dan diatas kapal di lakukan doa bersama yang di pimpin oleh tokoh – tokoh agama setempat dan kemudian di lanjutkan makan bersama,” pungkas AKP I Nyoman Yasa.

(khoer/hms)

Comment here

9 + = tigabelas