DaerahKesehatan

KPA Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di Purwasari Karawang

Karawang, BNNews – (KPA) Komisi Penanggulangan AIDS men-sosialisasikan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Aula Kecamatan Purwasari kepada masyarakat di Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang, Kamis (08/08/2019).

Sekretaris KPA, Drs Sukarjono, MM mengatakan bahwa banyak masyarakat yang masih awam terkait HIV/AIDS.

“HIV adalah virus yang hanya terdapat di dalam tubuh manusia dan menyebabkan penurunan kekebalan tubuh. Sedangkan AIDS adalah, gejala infeksi oportunistik karena penurunan kekebalan tubuh akibat virus HIV,” jelasnya.

Menurut Sukarjono, sebagian besar penderita HIV-AIDS berada pada usia produktif, dan salah satu urutan penderita terbanyak adalah kaum ibu. Untuk itu, lanjutnya, sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS sangatlah penting, tentunya dengan berkolaborasi dengan Kapolsek dan Danramil Purwasari dan berbagai organisasi yang berada di wilayah Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang.

“KPA hadir untuk menyampaikan ilmu. Yang diharapkan nantinya organisasi dan perangkat desa yang hadir dapat menyebarluaskan ilmu atau pengetahuan kepada seluruh masyarakat dari tingkat desa sampai ke tingkat RT , bahwa HIV-AIDS ini bukan tidak mungkin dialami siapa saja,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Lutvi, penyuluh Puskesmas Purwasari yang mengharapkan melalui sosialisasi tersebut bisa melaksanakan amanah ilmu dan menyebarluaskan ke masyarakat sekitar.

Penyuluh konseler HIV, Lutvi Hanikan mengatakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS tak lain ingin memberikan pengetahuan tentang upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS bagi ibu-ibu organisasi , dan perangkat desa se-Kecamatan Purwasari agar dapat memahami secara menyeluruh.

“Ketika berada pada lingkungan orang yang terinfeksi HIV-AIDS, jangan menjaga jarak atau menjauh,” ucapnya.

Ia berharap melalui dukungan dari KPA, Kapolsek, Danramil Kecamatan Purwasari dan organisasi yang berada dai Kecamatan Purwasari lainnya ingin membangun kerjasama untuk menyebar informasi pencegahan dan penangulangan HIV kepada masyarakat.

Kapolsek Purwasari Iptu Rigel Suhakso, SH juga memberikan sambutannya dalam acara tersebut.
“Semua kalangan dalam hal ini memiliki peran aktif mencapai target eliminasi HIV-AIDS Indonesia bebas HIV pada 2030,” katanya. Rigel juga berterimakasih kepada peserta yang hadir dalam hal ini sehingga nantinya bisa memahami sebab akibat HIV AIDS itu sendiri disamping untuk menambah pengetahuan dan penanggulangannya.

Reporter: Fajar Ramadhan/ Yendri VH
Editor: HWP

Comment here

+ 33 = tiga puluh delapan