Daerah

Dukung Siwab, Babinsa Blukon Lumajang Dampingi Pelayanan Kesehatan Hewan

Lumajang, BNNews – Untuk mendukung program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) yang telah dicanangkan oleh pemerintah, Babinsa Blukon Koramil 0821/01 Lumajang mendampingi kegiatan pelayanan kesehatan hewan di Lapangan Makam, RT 05 RW 01 Desa Blukon, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (30/07/2019).

Kegiatan pelayanan kesehatan tersebut, dihadiri oleh Kepala Puskeswan Senduro Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Kepala Desa Blukon, perangkat RT dan RW se-Desa Blukon, serta warga Desa Blukon yang memiliki ternak sapi.

Budi Mulyono, Kepala Puskeswan Senduro menjelaskan, bahwa Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) adalah salah satu program yang dicanangkan Kementerian Pertanian untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri.

“Program ini memiliki tujuan meningkatkan populasi sapi secara berkelanjutan dengan memaksimalkan potensi sapi indukan dalam menghasilkan anak, meningkatkan mutu/genetik sapi,” tambahnya.

“Dalam kegiatan kali ini, tidak hanya dilakukan pemeriksaan kesehatan saja, tetapi juga dilaksanakan inseminasi buatan dan pemeriksaan kebuntingan, serta pembagian vitamin, susu, dan obat cacing kepada pemilik ternak sapi,” lanjutnya.

Sementara itu Ifa A’ilmi, kepala desa setempat yang turut hadir mendampingi kegiatan menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan di desa yang dipimpinnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga dapat menunjang suksesnya Upsus Siwab dan kesejahteraan peternak dapat meningkat.

Di lain pihak, Babinsa Blukon, Serda Roni Trisnawanto juga menyampaikan, bahwa sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah, berkewajiban untuk turut berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan setiap program yang telah direncanangkan oleh pemerintah.

“Upsus Siwab merupakan program Kementrian Pertanian, sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi sapi indukan dalam negeri, sehingga dapat bereproduksi secara maksimal,” terangnya.

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, ternak sapi yang ada di Desa Blukon dapat terjaga kesehatannya, peternak pun dapat meningkat kesejahteraannya,” harap Serda Roni.

Reporter: Suatman
Editor: HWP

Comment here

+ tujuh puluh lima = delapan puluh satu