Daerah

Bupati Wabup Lumajang Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

Lumajang, BNNews – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, MML, dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, MSi, mengikuti lomba memasak nasi goreng, dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74, di halaman Kantor Bupati Lumajang, Kamis (22/08/2019) pagi.

Lomba tersebut, diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, diikuti Plt Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, MSi, dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lumajang.

Lomba tersebut, mengusung tema ‘Sehat dengan Pangan Lokal’ yang tujuannya untuk mempromosikan pangan lokal.

Plt. Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Sutan Wardono menjelaskan, dipilihnya nasi goreng sebagai menu utama dalam lomba tersebut, karena nasi goreng adalah makanan sederhana dan asli Indonesia.

Selain itu, dengan memasak nasi goreng bisa memunculkan berbagai macam kreasi dan hiburan.

Bupati menuturkan, dari perlombaan memasak tersebut, bisa dilihat berbagai jenis nasi goreng, dan teknik memasak yang berbeda.

“Berhubung cuaca di Lumajang akhir-akhir ini dingin, saya membuat nasi goreng Pattaya ala Thailand, yaitu nasi goreng yang diselimuti telur,” candanya.

Di tempat yang sama, Bunda Indah menuturkan, nasi goreng mempunyai filosofi tersendiri.

“Di dalam nasi goreng, terdapat berbagai macam bumbu, yang diramu menjadi satu. Kami menginginkan, seluruh OPD dengan segala fungsi dan kewenangannya, bersatu dan meramu memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyat,” ucapnya.

Bupati dan Wabup berharap, dengan lomba memasak yang diikuti oleh seluruh OPD di Kabupaten Lumajang, akan timbul kebersamaan dan saling koordinasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari.

Nasi goreng yang telah dibuat oleh seluruh peserta lomba, akan dinilai oleh juri, yang berasal dari SMK 2 Lumajang, chef Hotel Gajahmada dan chef Resto Pondok Asri.

Penilaiannya, berdasarkan penyajian penampilan, cita rasa, kebersihan masakan, performa peserta, teknik memasak, atraksi memasak, penampilan saat memasak, serta kecepatan (waktu) memasak.

Hasilnya, Nasi Goreng “Cinta”, karya Bunda Indah, terpilih sebagai juara pertama dalam lomba masak tersebut. Diikuti perwakilan dari Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Lumajang, sebagai juara ke-2. Sedangkan, juara ke-3 diraih oleh perwakilan dari Kecamatan Senduro.

Untuk juara harapan 1, diraih oleh perwakilan Dirut RSUD Pasirian. Juara harapan 2 diraih oleh perwakilan Kecamatan Lumajang, dan juara harapan 3 diraih oleh perwakilan dari Bagian Inspektorat Kabupaten Lumajang.

Reporter: Suatman
Editor: HWP

Comment here

tiga puluh + = tiga puluh tiga