Daerah

Bupati Lumajang Bersama Panglima TNI Saksikan Fire Power Demo

Lumajang, BNNews – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, MML menyaksikan Fire Power Demo atau demo penembakan udara di “Air Weapon Range (AWR)” Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (24/07/2019) pagi.

Fire Power Demo tersebut digelar TNI Angkatan Udara, secara rutin sebagai rangkaian dari latihan-latihan sebelumnya.

Namun, pada latihan ini sangat istimewa dengan hadirnya Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan sejumlah Perwira Tinggi dan Menengah.

Direktur Latihan Angkasa Yudha 2019, Marsekal Muda TNI Donny Ermawan, menyampaikan, bahwa “Fire Power Demo” adalah latihan puncak dari TNI AU yang dilaksanakan dalam tajuk Angkasa Yudha tahun 2019. Hal itu bertujuan untuk melatih dan menjaga kemampuan Prajurit TNI AU agar tetap profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari, menjaga kedaulatan NKRI.

Ia menjelaskan, bahwa kekuatan yang dikerahkan TNI AU sebanyak 42 pesawat tempur berbagai jenis, 12 pesawat angkut, 5 helikopter, dan dua pesawat intai.

Pesawat tempur yang dilibatkan antara lain, 6 pesawat Sukhoi 27/30, 14 pesawat F-16 Faighting Falcon, 8 pesawat T-50i Golden Eagle, 8 pesawat Hawk 100/200, dan 6 pesawat Super Tucano EMB-314.

Sementara untuk pesawat intai, dikerahkan satu unit pesawat Boeing 737-200, dan satu unit Pesawat Tanpa Awak (PTTA). 

Sedangkan jumlah personil yang dilibatkan, mencapai 2.129 orang peraonil, terdiri atas 60 personil koordinator latihan, 1.665 prajurit pelaku latihan, dan 404 prajurit pendukung.

Fire Power Demo mendapatkan apresiasi tinggi warga Kabupaten Lumajang, terbukti warga berbondong-bondong menyaksikan latihan tempur tersebut hingga latihan tempur selesai.

Reporter: Suatman
Editor: HWP

Comment here

82 + = delapan puluh delapan